Cara Mencegah Ayam Memakan Telurnya sendiri – Tanpa disengaja ayam dapat memakan telurnya sendiri, pada mulanya ayam akan mencoba bahkan mengkonsumsinya hingga habis. tingkah laku ini bisa menyebar ke semua kawannya. Perlu diketahui cara mencegahnya sedari dini karena tingkah laku tersebut akan susah dihentikan. Jika kebiasaan ini dianggap sepele maka proses regenerasi ayam tentu akan terhambat karena ayam tidak sempat menetas dan berkembang.

Cara Mencegah Ayam Memakan Telurnya sendiri

 

 

  • Kurangi rusaknya telur lewat cara menahan sarang supaya tidaklah terlalu padat

Minimum Anda membutuhkan sarang memiliki ukuran 31 cm x 31 cm untuk ditempati oleh 4 sampai 5 ayam. Sarang yang sangat kecil atau sangat dikit bisa mengakibatkan telur terinjak – injak, tergencet, serta rusak. Ayam – ayam akan jadi stres serta selalu mematuk. Kurangilah peluang rusaknya telur sebanyak – banyaknya hingga ayam tidak sempat tahu perasaan telurnya.

Jauhkan ayam yang ingin mengerami telurnya dari sarang supaya tidak memadati tempat serta mengakibatkan terhalangnya sarang lainnya. Pikirkan untuk membuat sarang yang sangat mungkin telur menggelinding ke suatu penampan waktu ayam berdiri. Design ini bisa selamatkan telur supaya tidak dipatuki atau terinjak serta rusak.

  • Buatlah area sarang yang gelap dan hening

jangan biarkan lampu kandang ayam terlalu terang, karna akan menyebabkan ayam menjadi stres dan gugup sehingga mereka akan mematuk – matuk terus. jauhkan juga kotak sarang dari pintu kandang serta sinar matahari, yang paling penting untuk tidak memasang lampu terang. Ciptakan lingkungan yang nyaman untuk siayam dari cahaya. Jauhkan semuanya yang menimbulkan bunyi atau pergerakan mendadak karena hal itu bisa membuat ayam takut. Bila ayam ketakutan, ia akan lari dari kotak bersarang serta bisa memecahkan telur.

  • Sediakan Sarang yang cukup untuk melindungi telur yang baru keluar

Setiap sarang dipastikan memiliki material sarang yang kering dan bersih (misalnya jerami gandum) setiap hari, anda harus menghindari telur dari kerusakan (tidak ditumpukan) maka ayam tidak akan berkesempatan untuk mengetahui enaknya rasa telur. Apabila ada telur yang pecah, segera anda bersihkan sarang yang terkenai pecahan telur tersebut.

  • Jangan biarkan ayam merasa bosan

Apabila ayam terasa bosan dan jengkel akan sering mematuk – matuk. Maka Gantunglah sebuah kubis untuk dipatuki dan berilah sedikit ruang agar ayam dapat berjalan – jalan serta menggerakkan badannya.

  • Mengatasi Kekurangan Makanan

Beri ayam Anda pakan yang seimbang, minimum terbagi dalam 16% protein serta memiliki kandungan banyak vitamin serta nutrisi. Cari pakan yang dikhususkan untuk ayam petelur. 13 Pakan itu mesti memiliki kandungan lemak nabati yang tinggi serta protein.

Telegram : +62812-2222-995
https://t.me/bolavita
Wechat : Bolavita
WA : +62812-2222-995
Line : cs_bolavita
Link Official Bolavita : http://159.89.197.59/

Tinggalkan Balasan

Close Menu
WhatsApp chat