Cara Menjinakkan ayam hutan  – Ayam hutan merupakan ayam liar yang tinggal didalam hutan. Ayam hutan juga dikenal sebagai leluhur dari ayam kampung. Ayam hutan memiliki insting survival yang tinggi dan terkesan takut jika bertemu manusia. Jika ayam hutan melihat manusia, maka akan langsung pergi menjauh. Sifatnya yang liat inilah sehingga banyak sekali yang kesusahan untuk merawatnya.

Apabila lingkungan sekitar ayam hutan terdapat gangguan, maka ayam hutan akan stres dan mati. Biasanya ayam hutan yang masih liar, akan melompat-lompat dan membenturkan badan dan kepalanya ke kandang, sehingga membuatnya terluka hingga berdarah. Untuk menghindarinya, simak beberapa tips berikut untuk menjinakkan ayam hutan yang masih liar.

Cara Menjinakkan ayam hutan

  • Menyiapkan Kandang Khusus

Ayam hutan sering kali melompat-lompat dan membentukan badannya ke kandang, untuk itu buatkan kandang yang dididalamnya dilapisi busa tebal, agar ayam hutan tidak luka saat membentukan badannya.

Baca Juga: Kelemahan Ayam yang Diumbar

  • Tempatkan Di Lokasi Yang Sepi

Posisikan kandang titempat yang sepi agar bisa menyesuaikan diri dengan lingkungan dan kandang baru.

  • Perhatikan Air Minum Ayam

Ayam hutan mengkonsumsi air dalam jumlah banyak, sebaiknya sediakan air yang cukup di dalam kandang agar tidak dehidrasi. Perhatikan tempat air minum ayam hutan, sebab ayam hutan selalu memasukkan seluruh paruhnya kedalam air. Jika terus menerus dilakukan, ayam hutan akan pilek.

  • Memandikan Ayam Hutan

Setelah 1-2 minggu dipelihara,mandikan ayam hutan dengan cara menyemprot bagian tubuh ayam dengan menggunakan semprotan (sprayer), kemudian diguyur hingga tubuhnya bayah kuyup dan tenang. Sehingga bisa dengan mudah dimandikan.

  • Penjemuran Ayam Hutan

Setelah dimandikan, jemur ayam di bawah sinar matahari didalam kandang agar tidak lari. Sebaiknya ditempatkan di tempat orang-orang yang berlalu lalang dan aktivitas keluarga sehari-hari. Agar ayam hutan terbiasa dengan lingkungan sekitar dan tidak takut lagi akan keramaian.

  • Pemberian Makan Ayam Hutan

Berikan voer ayam dan biji-bijian sebagai pakan utama ayam hutan, namun berikan juga makanan tambahan seperti jangkrik dan ulat hongkong.

Telegram : +62812-2222-995
https://t.me/bolavita
Wechat : Bolavita
WA : +62812-2222-995
Line : cs_bolavita
Link Official Bolavita : http://159.89.197.59/

Tinggalkan Balasan

Close Menu
WhatsApp chat