Kelemahan Ayam yang Diumbar – Dalam Memelihara dan merawat ayam aduan kadang ada botoh yang ingin ayamnya tumbuh secara alami dengan cara membiarkannya diluar kandang atau diumbar. ayam yang diumbar cenderung akan memiliki insting yang liar dan lebih berani tentunya keterampilan ini sangat berguna dalam pertarungan. Dengan pemeliharaan secara umbar maka ayam akan menyesuaikan dengan lingkungan sekitarnya.

Kelemahan Ayam yang Diumbar

Meskipun begitu ada sisi kelemahan juga ayam dibiarkan diluar kandang:

  • Ancaman para predator

Ayam mempunyai musuh yang kapan saja bisa menyantapnya hidup-hidup. Beberapa contohnya adalah tikus, ular, burung elang, burung hantu, anjing. Binatang itu akan senang sekali bila ayam berada diluaran karena mereka tidak mempunyai kesulitan yang berarti ketika akan menerkam mereka dan mereka bisa lebih cepat untuk melarikan diri ketika peternak datang. Kebanyakan ayam jantan secara naluriah akan melihat keluar jika melihat predator datang. Dia selalu mengawasi setiap adanya ancaman yang mengganggu.

Baca Juga: Manfaat Kandang Ayam Umbaran Aduan

  • Cuaca

Salah satu bahaya dari ayam yang diumbarkan adalah cuaca yang sering berubah. Sebaiknya anda mempunyai kandang yang mempunyai naungan, jadi pada saat hujan turun, ayam-ayam anda dapat berteduh dengan tenang didalam kandang.

Jika ayam diumbar resiko lain adalah telur yang tidak menetap disarang telur. Adakalanya ayam meletakkan telur dibawah pohon yang tertutup dedaunan, dibawah tumpukan kayu, dilubang dalam tanah. Jika anda menyimpan telur di kotak sarang dalam minggu pertama atau kedua, kemungkinan saat mereka berada diluar kandang, mereka telah terbiasa meletakkan telur dikotak sarang.

  • Kerusakan tatanan taman

Jika anda memiliki taman yang banyak terdapat bunga, anda perlu menjaganya agar tidak menjadi sasaran tempat menggaruk, mematuk dan tempat bermain debu yang nyaman bagi ayam anda. Usahakan kandang ayam atau tempat ayam mengumbar lokasinya tidak bersebelahan atau berdekatan dengan taman. Dikhawatirkan ayam dapat terbang hingga menyeberang ke taman anda yang asri.

Ayam yang terlalu sering diumbar cenderung sulit untuk diajak masuk ke dalam kandang. Perlu dilakukan pelatihan agar ayam terbiasa masuk kembali ke kandang. Untuk beberapa minggu pertama sebaiknya anda mengurung ayam dalam kandang. Dia juga diajarkan meletakkan telur didalam kotak sarang. Dengan begitu ayam akan tahu bahwa kandang merupakan ‘rumah’nya tempat dia kembali setelah seharian diumbar diluar kandang.

Telegram : +62812-2222-995
https://t.me/bolavita
Wechat : Bolavita
WA : +62812-2222-995
Line : cs_bolavita
Link Official Bolavita : http://159.89.197.59/

Tinggalkan Balasan

Close Menu
WhatsApp chat