Menangani Ayam Bangkok Susah Bertelur – Cara mudah Menangani Ayam Bangkok Susah Bertelur dalam budidaya ayam bangkok. Tentunya sangat diharapkan kalau indukan ayam bangkok yang akan dikembangbiakan adalah indukan yang berkualitas bagus dan bisa menghasilkan keturunan yang bekualitas lebih tinggi dari segala aspek.

Kenali Sifat Ayam Bangkok Yang Akan Kalah

Tetapi dalam hal budidaya atau ternak ayam bangkok, tak jarang para peternak dihadapkan pada masalah masalah. Seperti induk ayam bangkok yang susah bertelur atau tidak produktif. Tentunya hal ini dapat menyebabkan kerugian, baik kerugian materi maupun kerugian non materi.

1. Kondisi indukan / babon ayam bangkok kurang sehat
Induk ayam yang kurang sehat bisa saja disebabkan karena kekurangan gizi atau kekurangan vitamin. Indukan ayam bangkok tidak mau bertelur apabila ia tidak dalam kondisi yang baik. Mengapa demikian ? Setelah melakukan proses perkawinan dan kemudian bertelur, induk ayam bangkok pasti akan melakukan proses pengeraman telur. Jika induk ayam bangkok kurang sehat pasti tak menginginkan untuk bertelur.

Baca Juga: Kenali Sifat Ayam Bangkok Yang Akan Kalah

Jadi cara untuk menjaga indukan ayam bangkok supaya tetap sehat dapat dilakukan dengan memberikan vitamin tambahan dan juga mencampur pakannya dengan sedikit sayur – sayuran seperti kol, sawi, dan sejenisnya. Induk ayam bangkok yang sehat memiliki ciri – ciri seperti berikut ini : warna kulit mukanya yang merah (tidak pucat), lincah dan terlihat riang, lebih sering berbunyi & mau mendekati pejantan.

2. Kondisi Induk (babon) ayam bangkok sedang stres
Indukan ayam bangkok tak akan bertelur jika berada dalam kondisi stres. Ataupun bertelur pasti tidak akan menetas atau hanya beberapa saja. Induk ayam bangkok yang stres bisa saja disebabkan karena kondisi kandangnya yang kurang baik, lingkungan sekitar yang gaduh atau bisa saja trauma karena pernah dikejar binatang buas seperti anjing atau sejenisnya.

Jadi, untuk menanggulangi hal ini solusinya ialah mengisolasi indukan dengan cara memindahkan ke tempat yang lebih tenang dan dijadikan satu dengan pejantan yang siap kawin. Dengan keadaan suasna kandang yang baik mudah – mudahan induk ayam bangkok akan mau kawin dan juga bertelur.

3. Karena indukan kalah mental
Kasus kalah mental ini umumnya dialami oleh indukan ayam bangkok yang baru belajar untuk bertelur. Dalam permasalahan seperti ini, induk ayam tak mau bertelur karena kalah bersaing dengan babon lain (biasanya babon yang lebih tua). Indukan ayam bangkok yang lebih tua pasti akan lebih agresif dan mengintimidasi para induk muda. Hal ini akan mengakibatkan indukan muda menjadi sulit bertelur karena kalah mental.

Dan untuk mengatasi permasalahan yang seperti ini solusinya bisa dilakukan dengan cara seperti yang sebelumnya yaitu dengan memisahkan indukan ayam (babon) muda dengan indukan ayam yang sudah tua.

4. Indukan tidak menyukai pejantan
Dalam hal ini indukan ayam bangkok tidak tertarik dengan ayam pejantan dan tak mau mendekati pejantan. Untuk permasalahan ini sebenarnya sangat jarang sekali terjadi / dijumpai karena walaupun indukan ayam tidak menyukai pejantan, jika pejantannya (jago) agresif, maka pejantan bisa mengawini indukan.

Untuk teknik bertarungnya biasanya berubah 180 derajat.

Telegram : +62812-2222-995
https://t.me/bolavita
Wechat : Bolavita
WA : +62812-2222-995
Line : cs_bolavita
Link Official Bolavita : http://159.89.197.59/

Tinggalkan Balasan

Close Menu
WhatsApp chat